SETTING UP – MAKEOVERS – DEVELOPMENT – TRAINING GUIDANCE
PROJECT TIMELINES/SKEMA PEKERJAAN
KOMPONEN PENTING MEMBANGUN BISNIS BAKERY
Perencanaan usaha toko roti,donut&kue yang baik serta terencana tidak akan melewatkan tahapan utama yang tidak kalah penting dibawah ini, antara lain ;
2. Membuat Visi dan Misi
3. Mempersiapkan Modal/Biaya sesuai segmentation business (Kelas Usaha)
4. Mempunyai Planing Pengembangan Usaha setelah tahun pertama dan seterusnya
5. Rutin Menganalisa Pasar/Market Value
6. Mempelajari Strategi Marketing pra-opening sampai nanti usaha setelah berjalan reguler
7. Mempelajari teknis-teknik Sales/Penjualan&Service saat berjalannya usaha
8. Memahami konsep bisnis/usaha Multi Segmentation Consumen&Product seperti yang dilakukan perusahaan besar lainnya
9. Efisiensi dan Me maksimalisasi hasil dari sarana&prasarana yang telah ada
TAHAP KE 1 : PERENCANAAN
Tentukan lokasi produksi, desain dan tata letak/layout didalamnya,penataan alur proses dan sisi kenyamanan jadi tolak ukur juga untuk memberi kesan lingkungan rapih,tertib,sehat pada karyawan sehingga membuat karyawan betah/enjoy saat bekerja. luangkan waktu untuk memilih serta melihat-lihat jenis/tipe kitchen area lain (sarana&prasarana) yang suasana/modelnya menurut anda ideal dan sesuai dengan anggaran awal dipersiapkan. Pun jangan lupa mempertimbangkan kebersihan-sanitasi dan keamanan lingkungan lokal (disekitar tempat usaha). Jenis/tipe tempat produksi usaha roti,donut&kue umum yang ada sampai saat ini bisa dipilih sebagai pertimbangan pribadi antara lain sbb :
Bukan hanya lokasi gedung/ruangan, semakin canggih dan semakin besar kapasitas hasil produksi masing-masing mesin dan peralatan yang ada maka, jangkauan produk juga akan semakin jauh/meluas. Boleh/bisa ditiru bakery skala menengah kebawah dengan mencontoh secara teknis dan pengelolaannya saja sesuai kapasitas-kelas usaha yang dimiliki
Jenis/tipe usaha dengan store/toko yang mempunyai tempat produksi/kitchen menyatu didalam satu area lokasi/gedung, entah itu non-semi open kitchen maupun yang model full open kitchen.
Jenis/tipe usaha TANPA store/toko yang mempunyai sistem penjualan/sales secara online atau konsinyasi (Kerjasama/Rekanan). tempat produksi/kitchen bebas berada dimana saja, misal didapur rumah atau area khusus yang disiapkan oleh owner.
Tentukan desain tata letak Outlet/Store/Toko maupun lokasinya, termasuk tampilan dan nuansanya agar cepat diterima oleh masyarakat. memberikan kesan pertama yang baik, luangkan waktu untuk memilih serta melihat-lihat jenis/tipe toko roti,donut&kue lain yang suasananya menurut anda ideal dan sesuai dengan anggaran awal dipersiapkan.serta, tak lupa pertimbangkan keberadaan pesaing lokal (disekitar kita). Jenis/tipe Outlet/Store/Toko roti,donut&kue umum yang ada sampai saat ini bisa dipelajari sebagai pertimbangan jangka panjang, antara lain sbb :
Untuk ruangan yang lebih besar, toko roti,donut&kue makan ditempat menawarkan meja dan tempat duduk bagi pelanggan untuk menghabiskan waktu bekerja, bersosialisasi, dan bersantai didalam maupun diluar ruangan, dalam jenis/tipe usaha ini pelanggan langsung ambil dan proses pembayaran atau memesan dikasir atau melalui pelayanan oleh crew frontliner.
Jenis/tipe toko roti,donut&kue yang hanya menjual produk yang di display di island/side island dan etalase. tidak menyediakan tempat duduk bagi pelanggan (hanya menyediakan untuk membeli/memesan dan mengambil barang). hanya memajang produk didalam dan di sepanjang area toko.
Baik untuk makan di tempat ataupun dibawa pulang, toko roti,donut&kue dengan jenis/tipe ini juga menawarkan minuman seperti kopi, smoothie, dan teh selain produk olahan dari Bakery,Donut&Cake yang juga berciri khas oleh-oleh.
Jenis/tipe toko roti,donut&kue yang menjual produknya dengan strategi lebih mendekati pelanggan(jemput bola). Jenis/tipe toko roti,donut&kue ini beroperasi menggunakan mobil toko (BILKO), kios booth/pop-up, trycycle atau menjual produknya dipasar, sekolah, pabrik, kantor, berbagai acara komunitas dan yang lain sejenisnya.
Luangkan waktu untuk mencari/menemukan lokasi usaha yang memiliki posisi kompetitif bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan atau bisa memonopoli lalu lintas konsumen, lokasi terbaiknya antara lain atau secara keseluruhan bisa antara sbb :
1. Mempunyai lokasi area parkir kendaraan konsumen yang cukup memadai dengan lingkungan luar/depan cukup aman&kondusif
2. Keberadaan bangunan/gedungnya mudah dilihat dan terlihat jelas
3. Lokasi tempat usaha mempunyai kapasitas listrik dan dimensi ruangan yang sesuai dengan kebutuhan
4. Berada dilokasi dimana lalu lintas sering padat dari arah kedua sisi (Pusat kota ; Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten-Kota, etc)
5. Lokasi dekat dengan ; Sekolah, Kampus, Kantor Pemerintahan /Swasta, Tempat berkumpul dan Bertemunya banyak orang dari berbagai kelas ekonomi/strata.
6. Lokasi didalam area umum tempat berkumpul dan bertemunya banyak orang seperti; Stasiun KAI, Terminal, Bandara, Pelabuhan, Gedung layanan Pemerintahan/Terpadu, Foodcourt, dll etc
1. NIB/SIUP
2. TDP/HKI Merk usaha/Merk dagang
3. BPOM (DEPKES/DINKES/PIRT)
4. Sertifikat HALAL
5. Ijin Gangguan Keamanan (Tergantung Polsek/Polres masing-masing wilayah)
6. Ijin Lokasi Produksi/Usaha, dll
Mengembangkan strategi pemasaran dimulai dengan mendefinisikan secara tepat apa yang akan dijual/dipasarkan. apa daya tarik toko roti,donut&kue dimiliki, apa yang ditawarkan dari atmosfer atau estetika kepada pelanggan. penawaran khusus dan audiens yang dituju akan mendorong pencitraan merek/brand yang dimiliki. Saat akan menentukan pendekatan terhadap pemasaran dan periklanan, pastikan kita :
2. Jika menggunakan pemasaran online akan menggunakan platform digital apa
3. Metode pemasarana online mau secara organik atau berbayar (Iklan/beriklan)
4. Seberapa signifikan metode pemasaran online dalam membantu strategi pencapaian pengembangan usaha
5. Dimana target audiens banyak menghabiskan waktu mereka, dan bagaimana cara kita bisa beriklan ditempat tersebut
Saat membuka usaha baru toko roti & kue, mengembangkan strategi pemasaran media sosial yang kuat dapat membantu memamerkan produk roti, donut dan aneka kue dalam format visual dan mudah dibagikan. Media sosial membantu memperkenalkan secara online toko roti & kue dimiliki serta menarik pelanggan baru atau yang belum mengetahui.
Menjalankan bisnis roti,donut&kue perlu mempertimbangkan; Peralatan/Mesin/Equipment, Staf, Sistem Pemasaran/Jual/Sales, Gedung, Teknologi, Menu/Item Produk&Biaya Operasional umum yang juga mengikuti dan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bisnis, seperti antara lain :
2. Equipment/Mesin/Peralatan dan Perkakas
3. Lisensi, izin, deposit
4. Teknologi, termasuk sistem POS,-etc
5. Biaya makanan
6. Biaya tenaga kerja dari total pendapatan
Membuka rekening bank bisnis terpisah mungkin diperlukan untuk keperluan pajak, Apa pun itu bekerjasamalah dengan akuntan dan selama seluruh proses ini dilakukan (Pajak dan perijinan/birokrasi pemerintahan) pastikan semuanya dilakukan dengan benar serta legal agar tidak timbul permasalahan dikemudian hari/waktu.
TAHAP KE 2 : PENGADAAN SARANA&PRASARANA (HULU-HILIR)
TAHAP KE 3 : FINALISASI TAHAP 1-2 & PENENTUAN PRODUCT
Amati,Tiru & Modifikasi apa yang ditawarkan pesaing/kompetitor sejenis, dimana letak kelemahan/kesenjangan pasarnya yang bisa diisi/dimasuki maupun dengan mengikuti trend produk/kue klasik, spesial/khusus, spesifik sesuai kebutuhan untuk pelanggan/ konsumen.
Setelah menentukan produk dan itemnya, bahan yang diperlukan untuk membuatnya perlu diputuskan dari dan kemana akan membelinya.
Ada banyak penyedia bahan baku skala industri yang dapat digunakan sebagai penyedia kebutuhan usaha. Selain itu, dapat pula menemukan koneksi pengecer lokal terdekat dimana anda bisa mendapatkan alternatif secara kebutuhan kapasitas kecil.
Keterlambatan supplay/pasokan dan miskomunikasi dapat menjadi masalah yang sangat merepotkan bagi jalannya usaha toko roti,donut&kue terutama saat usaha yang baru saja mulai dibangun.Untuk menghindari masalah tersebut, bermitralah dengan pemasok yang punya record/rekam jejak baik (bisa juga anda minta referensi kepada CHS konsultan)
Keputusan penting lainnya yang terkait operasional toko adalah memilih sistem POS (mesin kasir/mesin transaksi). Sistem POS terbaik yang mudah digunakan dan mampu berkembang seiring dengan pertumbuhan/pertambahan cabang toko roti yang pesat dan membuat proses transaksi pembayaran konsumen menjadi lancar,cepat dan akurat.
Sistem POS tentu juga harus bisa memberikan pelaporan dan analitik detail yang akan membantu melacak perkembangan performa dan kesehatan bisnis.
Dengan rencana bisnis/usaha, visi dan misi yang menyeluruh, tiba saatnya merancang denah dan tata letak (layout) lokasi usaha yang selaras dengan tujuan bisnis/usaha toko roti,donut&kue dimiliki.
Sebagai pemilik usaha. hasrat, pemikiran, angan-angan anda akan mempengaruhi desain dan suasana toko roti,donut&kue yang akan dibangun. jadikanlah toko roti,donut&kue dimiliki menjadi tempat dimana pelanggan dapat merasa nyaman dan diterima secara bersahabat, menawarkan kelezatan kualitas produk dan suasana yang mengundang untuk mereka datang kembali.
Sekarang saatnya membentuk tim impian yang akan menjalankan operasi usaha toko roti,donut&kue. bergantung pada konsep bisnis/usaha

Tidak ada komentar:
Posting Komentar