Minggu, Agustus 11, 2024

CIRI KARYAWAN BERMASALAH

Penulis : Chef Herisuyono

foto/gambar ilustrasi

Dimana posisi anda, sebagai pemilik usaha atau head / atasan karyawan ? 

Ciri-ciri karyawan bermasalah bisa dikenali dengan mudah, sifat negatif tersebut akan mempengaruhi kinerja karyawan lain didalam usaha/perusahaan. oleh karena itu seorang pemilik usaha harus menjadikannya perhatian utama dan harus langsung berupaya secepat mungkin menindaknya karena bisa menurunkan produktivitas usaha/perusahaan. sebelum semuanya terlambat, mari kita belajar mengenali ciri-ciri tersebut agar bisa segera memperbaikinya :

  1. Sering terlambat : Selalu datang terlambat atau absen. Ini hampir sering terjadi. Ini menjadi tanda yang jelas bahwa ia kurang serius dan tertarik bekerja diperusahaan.
  2. Tidak tahu bagaimana menyesuaikan diri dan berbaur dengan karyawan Ini kadang bisa memicu konflik di tempat kerja. Menimbulkan sentiment-sentimen yang tidak diinginkan dan menghambat kerjasama atau koordinasi internal. Pimpinan tentu akan sangat memperhatikan bagaimana karyawannya bisa berbaur dan bekerjasama secara solid.
  3. Menolak lembur
  4. Tidak punya Inisiatif melakukan tugas sendiri Ciri karyawan satu ini selalu tergantung pada yang lain. Ini menyusahkan. Di saat karyawan lain sibuk menyelesaikan deadline, ia sering meminta bantuan tanpa pernah berinisiatif mengembangkan kualitas diri. Ia juga sering menunggu orang lain menginstruksikan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  5. Lambat mempelajari sesuatu. Ia bahkan tidak cukup pandai  memahami instruksi-instruksi sederhana.
  6. Tidak memiliki jiwa kepemimpinan dan kurang mampu mengambil keputusan
  7. Menggunakan sebagian waktu bekerja untuk kepentingan bisnis pribadi
  8. Melempar tanggung jawab dan menyalahkan orang lain
  9. Sering meminjam barang pribadi karyawan lain tanpa izin terlebih dahulu
  10. Tidak terbuka wawasannya untuk ide-ide, pembelajaran dan hal-hal baru
  11. Suka mengatur atau pilih-pilih tugas
  12. Tidak melatih profesionalisme ketika berbicara dan berurusan dengan atasan, rekan kerja dank lien perusahaan serta pelanggan
  13. Berani mengungkapkan data penting (rahasia) perusahaan atau informasi internal kepada orang lain dan menyepelekannya
  14. Tidak menunjukan loyalitas kepada perusahaan
  15. Tidak menguasai informasi mengenai produk perusahaan yang dampaknya kesulitan meyakinkan pelanggan
  16. Tidak menghormati atasan dan sesama karyawan
  17. Maunya gajian tepat waktu tapi tidak mau instrospeksi mengenai kinerjanya
  18. Sulit bekerjasama secara tim, seringkali tidak terbuka untuk saran dan cenderung mengkritik pendapat orang lain (bukannya membangun)
  19. Tidak peduli bagaimana mengurus diri sendiri
  20. Menghindari tugas ( Its not my job )
  21. Tidak sabaran untuk pulang, biasanya ditandai dengan sering menengok jam ketika sore hari
  22. Banyak bergosip atau membicarakan orang lain, bukannya tentang pekerjaan
  23. Berani berbohong meskipun untuk hal-hal sepele sekalipun
  24. Tidak senang bila melihat karyawan lain berhasil. Karyawan seperti ini berupaya menjatuhkan rekannya, bukannya ingin berprestasi tapi tidak ingin tersaingi
  25. Terobsesi hanya dengan gaji tinggi (orientasi kemajuan perusahaan dikesampingkan), artinya ia selalu ingin dibayar tinggi tetapi tidak pernah melihat kedalam mengenai kualitas yang dimilikinya serta kontribusinya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda