Minggu, Agustus 11, 2024

TUGAS HEAD STORE BAKERY

Penulis : Chef Herisuyono

foto/gambar ilustrasi

Seorang kepala toko/head store adalah orang yang langsung memimpin teamnya dalam melayani customer, mencapai target, menjaga image, membangun relasi customer /pelanggan dll.

1. MAMPU MEMIMPIN TEAM / CREW / BAWAHAN
Walaupun di lingkungan toko tidak banyak jumlah karyawannya, bisa jadi mungkin hanya 3 atau 5 orang saja. Akan tetapi dia harus mampu me-manage teamnya, dari mulai menjaga disiplin kerja, menjalankan S.O.P , laporan penjualan dan keuangan toko, pelayanan customer, mengatur schedule kerja, memotivasi teamnya dll.

2. BERORIENTASI PADA TARGET PENJUALAN 
Sebagai lini depan penjualan, kepala toko wajib mengkomunikasikan angka-angka target yang ditetapkan atasan kepada teamnya tanpa kecuali, serta intens memonitor hasilnya. mempunyai system dan strategi sendiri untuk mencapainya.

3. MENGUASAI MANAGEMEN INVENTORY & MERCHANDISING / PACKAGING
Ilmu wajib yang harus di kuasai bagi kepala toko adalah manajemen product & barang. bagaimana dia mengatur kebutuhan product & barang, menghitung perputaran, jeli melihat product & barang mana yang fast moving dan mana yang slow moving atau dead stock. sehingga mampu menekan Cost /BS/Waste. Membuat schedule & laporan rutin posisi stock product & barang ( stock opname ). selain itu kepala toko juga harus mampu menguasai bagaimana menempatkan/display product & barang, assortmen ( Variasi / Macam ), sehingga atmosfir dan suasana toko terlihat nyaman, lengkap dan menyenangkan bagi customer / pengunjung.

4. MEMBANGUN RELASI & MARKETING
Membuat aktifitas dalam menarik customer, berpromosi, berinteraksi serta menjaga hubungan baik dg customer dan lingkungan sekitarnya. Bisa juga dengan menyusun database customer, meminta masukan tentang keadaan toko, product & barang ,Visitor / tugas keluar mencari partner atau kerja sama untuk pemesanan baik itu Reguler ( Rutin ) maupun Non Reguler ( Big Order / Mement ).
Menciptakan penampilan toko yang menarik, bersih,nyaman, eye catching sehingga calon customer / pengunjung tertarik untuk datang.

5. MENGUASAI NEGOTIATION SKILL
Mampu dan luwes dalam negosiasi dengan pihak lain ( misalnya join promotion, join project, membuat perjanjian consignment product & barang dll ) Sehingga dapat meningkatkan sales / margin, meringankan cash flow atau menekan biaya.    

6. ADMINISTRASI
Administrasi walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak ditangani dengan baik dapat merugikan toko, karena rata-rata 20% kehilangan product & barang bersumber dari penanganan administratasi yang kurang baik. Jadi selalu terapkan 1 day administration, artinya tidak ada kegiatan administrasi yang ditunda sampai hari esok, semuanya harus selesai pada hari itu juga. Percuma juga salesnya tinggi tetapi angka kehilangan barangnya juga tinggi.
Kepala toko harus menguasai area toko,area wilayah customer / pelanggan, area yang rawan tindak pencurian dari customer, atau kebiasaan karyawan yang dapat menimbulkan kehilangan product & barang maupun pelanggan tetap, mengingat bisnis bakery and cake punya puluhan bahkan ratusan varian produk serta barang juga competitor yang tidak boleh dianggap remeh / kecil.

7. MEMPUNYAI COMMONSENSE YANG TINGGI
Kepala toko harus selalu cepat tanggap dalam merespon segala permasalahan yang ada di toko, baik menyangkut masalah team / crew/ bawahan, operasional toko, customer maupun pihak external lainnya . Jangan menunda masalah, seandainya bisa selesaikan segera kenapa harus ditunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda