Penulis : Chef Herisuyono

Seorang kepala toko/head store adalah orang yang langsung memimpin teamnya dalam melayani customer, mencapai target, menjaga image, membangun relasi customer /pelanggan dll.
1. MAMPU MEMIMPIN TEAM / CREW / BAWAHAN
Walaupun di lingkungan toko tidak banyak jumlah karyawannya, bisa jadi mungkin
hanya 3 atau 5 orang saja. Akan tetapi dia harus mampu me-manage teamnya, dari
mulai menjaga disiplin kerja, menjalankan S.O.P , laporan penjualan dan
keuangan toko, pelayanan customer, mengatur schedule kerja, memotivasi teamnya
dll.
2. BERORIENTASI PADA TARGET PENJUALAN
Sebagai lini depan penjualan, kepala toko wajib mengkomunikasikan angka-angka
target yang ditetapkan atasan kepada teamnya tanpa kecuali, serta intens
memonitor hasilnya. mempunyai system dan strategi sendiri untuk mencapainya.
3. MENGUASAI MANAGEMEN INVENTORY & MERCHANDISING / PACKAGING
Ilmu wajib yang harus di kuasai bagi kepala toko adalah manajemen product &
barang. bagaimana dia mengatur kebutuhan product & barang, menghitung
perputaran, jeli melihat product & barang mana yang fast moving dan mana
yang slow moving atau dead stock. sehingga mampu menekan Cost /BS/Waste.
Membuat schedule & laporan rutin posisi stock product & barang ( stock
opname ). selain itu kepala toko juga harus mampu menguasai bagaimana
menempatkan/display product & barang, assortmen ( Variasi / Macam ),
sehingga atmosfir dan suasana toko terlihat nyaman, lengkap dan menyenangkan
bagi customer / pengunjung.
4. MEMBANGUN RELASI & MARKETING
Membuat aktifitas dalam menarik customer, berpromosi, berinteraksi serta
menjaga hubungan baik dg customer dan lingkungan sekitarnya. Bisa juga dengan
menyusun database customer, meminta masukan tentang keadaan toko, product &
barang ,Visitor / tugas keluar mencari partner atau kerja sama untuk pemesanan
baik itu Reguler ( Rutin ) maupun Non Reguler ( Big Order / Mement ).
Menciptakan penampilan toko yang menarik, bersih,nyaman, eye catching sehingga
calon customer / pengunjung tertarik untuk datang.
5. MENGUASAI NEGOTIATION SKILL
Mampu dan luwes dalam negosiasi dengan pihak lain ( misalnya join promotion, join
project, membuat perjanjian consignment product & barang dll ) Sehingga
dapat meningkatkan sales / margin, meringankan cash flow atau menekan biaya.
6. ADMINISTRASI
Administrasi walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak ditangani dengan
baik dapat merugikan toko, karena rata-rata 20% kehilangan product & barang
bersumber dari penanganan administratasi yang kurang baik. Jadi selalu terapkan
1 day administration, artinya tidak ada kegiatan administrasi yang ditunda
sampai hari esok, semuanya harus selesai pada hari itu juga. Percuma juga
salesnya tinggi tetapi angka kehilangan barangnya juga tinggi.
Kepala toko harus menguasai area toko,area wilayah customer / pelanggan, area
yang rawan tindak pencurian dari customer, atau kebiasaan karyawan yang dapat
menimbulkan kehilangan product & barang maupun pelanggan tetap, mengingat
bisnis bakery and cake punya puluhan bahkan ratusan varian produk serta barang juga
competitor yang tidak boleh dianggap remeh / kecil.
Kepala toko harus selalu cepat tanggap dalam merespon segala permasalahan yang ada di toko, baik menyangkut masalah team / crew/ bawahan, operasional toko, customer maupun pihak external lainnya . Jangan menunda masalah, seandainya bisa selesaikan segera kenapa harus ditunda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar