Kamis, Agustus 15, 2024

CHS BAKERY AND CAKE CONSULTANT

By Chef Herisuyono

1️⃣ Apakah bapak/ibu sedang merencanakan pendirian usaha :

  • Toko/Kios : Roti & Kue
  • Toko/Kios : Donut
  • Store/Outlet Beautique Bakery (Modern/Premium Bakery)
  • Produksi skala Industrie/Pabrik
2️⃣ Apakah bapak/ibu sedang berupaya Mengembangkan & Membenahi Kualitas Recipe serta Produk :
  • Aneka Roti manis & Roti tawar (Sweet bun,Toast&Loaf Bread)
  • Aneka Cake (Whole cake,Slice cake&Dry cake)
  • Aneka Donuts modern
  • Cafe Bakery & Toko Oleh-oleh bakery (produk signature)
  • Aneka Produk Keringan/Cookies (Produk oleh-oleh,-etc)
  • Aneka Danish&Puff Pastry (Croissant,Danish pastry,-etc)
3️⃣ Ataukah bapak/ibu memerlukan mentor/chef pribadi yang dapat membimbing & berkonsultasi setiap saat dan kapan saja perihal :
  • Sarana & Prasarana Store/Outlet, Produksi serta Gudang
  • Bahan, Packaging & subtitute nya
  • Equipment & Utensil yang fungsi serta Kapasitasnya sesuai/tepat
  • Sistem Operational & Standarisasi
  • Pemilihan Supplier/Penyedia barang,bahan baku & packaging
  • Bimbingan Trainee untuk owner maupun karyawan/crew
  • Bimbingan strategi pemasaran
  • Konsultansi online dari Hulu-Hilir nya usaha bakery, donat & cake
🆗️ Percayakan salah satunya bahkan semuanya kepada kami.. dan kami akan mendampingi bapak/ibu secara Online maupun Offline agar usaha terus berjalan, berkembang dan tentunya Profitable (menguntungkan).

Dengan menjadi member CHS apapun yang ingin dipelajari dan dikonsultasikan semua materinya diberikan bebas sampai kapanpun juga.

Minggu, Agustus 11, 2024

TUGAS HEAD STORE BAKERY

Penulis : Chef Herisuyono

foto/gambar ilustrasi

Seorang kepala toko/head store adalah orang yang langsung memimpin teamnya dalam melayani customer, mencapai target, menjaga image, membangun relasi customer /pelanggan dll.

1. MAMPU MEMIMPIN TEAM / CREW / BAWAHAN
Walaupun di lingkungan toko tidak banyak jumlah karyawannya, bisa jadi mungkin hanya 3 atau 5 orang saja. Akan tetapi dia harus mampu me-manage teamnya, dari mulai menjaga disiplin kerja, menjalankan S.O.P , laporan penjualan dan keuangan toko, pelayanan customer, mengatur schedule kerja, memotivasi teamnya dll.

2. BERORIENTASI PADA TARGET PENJUALAN 
Sebagai lini depan penjualan, kepala toko wajib mengkomunikasikan angka-angka target yang ditetapkan atasan kepada teamnya tanpa kecuali, serta intens memonitor hasilnya. mempunyai system dan strategi sendiri untuk mencapainya.

3. MENGUASAI MANAGEMEN INVENTORY & MERCHANDISING / PACKAGING
Ilmu wajib yang harus di kuasai bagi kepala toko adalah manajemen product & barang. bagaimana dia mengatur kebutuhan product & barang, menghitung perputaran, jeli melihat product & barang mana yang fast moving dan mana yang slow moving atau dead stock. sehingga mampu menekan Cost /BS/Waste. Membuat schedule & laporan rutin posisi stock product & barang ( stock opname ). selain itu kepala toko juga harus mampu menguasai bagaimana menempatkan/display product & barang, assortmen ( Variasi / Macam ), sehingga atmosfir dan suasana toko terlihat nyaman, lengkap dan menyenangkan bagi customer / pengunjung.

4. MEMBANGUN RELASI & MARKETING
Membuat aktifitas dalam menarik customer, berpromosi, berinteraksi serta menjaga hubungan baik dg customer dan lingkungan sekitarnya. Bisa juga dengan menyusun database customer, meminta masukan tentang keadaan toko, product & barang ,Visitor / tugas keluar mencari partner atau kerja sama untuk pemesanan baik itu Reguler ( Rutin ) maupun Non Reguler ( Big Order / Mement ).
Menciptakan penampilan toko yang menarik, bersih,nyaman, eye catching sehingga calon customer / pengunjung tertarik untuk datang.

5. MENGUASAI NEGOTIATION SKILL
Mampu dan luwes dalam negosiasi dengan pihak lain ( misalnya join promotion, join project, membuat perjanjian consignment product & barang dll ) Sehingga dapat meningkatkan sales / margin, meringankan cash flow atau menekan biaya.    

6. ADMINISTRASI
Administrasi walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak ditangani dengan baik dapat merugikan toko, karena rata-rata 20% kehilangan product & barang bersumber dari penanganan administratasi yang kurang baik. Jadi selalu terapkan 1 day administration, artinya tidak ada kegiatan administrasi yang ditunda sampai hari esok, semuanya harus selesai pada hari itu juga. Percuma juga salesnya tinggi tetapi angka kehilangan barangnya juga tinggi.
Kepala toko harus menguasai area toko,area wilayah customer / pelanggan, area yang rawan tindak pencurian dari customer, atau kebiasaan karyawan yang dapat menimbulkan kehilangan product & barang maupun pelanggan tetap, mengingat bisnis bakery and cake punya puluhan bahkan ratusan varian produk serta barang juga competitor yang tidak boleh dianggap remeh / kecil.

7. MEMPUNYAI COMMONSENSE YANG TINGGI
Kepala toko harus selalu cepat tanggap dalam merespon segala permasalahan yang ada di toko, baik menyangkut masalah team / crew/ bawahan, operasional toko, customer maupun pihak external lainnya . Jangan menunda masalah, seandainya bisa selesaikan segera kenapa harus ditunda.

ABON AYAM SUPER

  

ABON AYAM SUPER - MANIS & PEDAS
Tekstur berserat, terbuat dari Daging Ayam murni tanpa campuran sama sekali dengan bumbu rempah-rempah tradisional tanpa bahan pengawet tambahan. Diproses secara hygiene langsung oleh pengrajin UMKM yang bersertifikasi Halal serta diproduksi secara fresh / berdasarkan pesanan.
Kualitas menyerupai Abon Ayam Floss dipergunakan untuk produk roti manis gerai bakery ternama,

Sangat cocok untuk : 
Topping roti manis, Roti abon gulung, Pastel, Isian roti manis, Cake/Bolu gulung, Campuran buat makan, isian Lemper dll

Harga eceran : Rp 167.000 /Kg




CIRI KARYAWAN BERMASALAH

Penulis : Chef Herisuyono

foto/gambar ilustrasi

Dimana posisi anda, sebagai pemilik usaha atau head / atasan karyawan ? 

Ciri-ciri karyawan bermasalah bisa dikenali dengan mudah, sifat negatif tersebut akan mempengaruhi kinerja karyawan lain didalam usaha/perusahaan. oleh karena itu seorang pemilik usaha harus menjadikannya perhatian utama dan harus langsung berupaya secepat mungkin menindaknya karena bisa menurunkan produktivitas usaha/perusahaan. sebelum semuanya terlambat, mari kita belajar mengenali ciri-ciri tersebut agar bisa segera memperbaikinya :

  1. Sering terlambat : Selalu datang terlambat atau absen. Ini hampir sering terjadi. Ini menjadi tanda yang jelas bahwa ia kurang serius dan tertarik bekerja diperusahaan.
  2. Tidak tahu bagaimana menyesuaikan diri dan berbaur dengan karyawan Ini kadang bisa memicu konflik di tempat kerja. Menimbulkan sentiment-sentimen yang tidak diinginkan dan menghambat kerjasama atau koordinasi internal. Pimpinan tentu akan sangat memperhatikan bagaimana karyawannya bisa berbaur dan bekerjasama secara solid.
  3. Menolak lembur
  4. Tidak punya Inisiatif melakukan tugas sendiri Ciri karyawan satu ini selalu tergantung pada yang lain. Ini menyusahkan. Di saat karyawan lain sibuk menyelesaikan deadline, ia sering meminta bantuan tanpa pernah berinisiatif mengembangkan kualitas diri. Ia juga sering menunggu orang lain menginstruksikan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  5. Lambat mempelajari sesuatu. Ia bahkan tidak cukup pandai  memahami instruksi-instruksi sederhana.
  6. Tidak memiliki jiwa kepemimpinan dan kurang mampu mengambil keputusan
  7. Menggunakan sebagian waktu bekerja untuk kepentingan bisnis pribadi
  8. Melempar tanggung jawab dan menyalahkan orang lain
  9. Sering meminjam barang pribadi karyawan lain tanpa izin terlebih dahulu
  10. Tidak terbuka wawasannya untuk ide-ide, pembelajaran dan hal-hal baru
  11. Suka mengatur atau pilih-pilih tugas
  12. Tidak melatih profesionalisme ketika berbicara dan berurusan dengan atasan, rekan kerja dank lien perusahaan serta pelanggan
  13. Berani mengungkapkan data penting (rahasia) perusahaan atau informasi internal kepada orang lain dan menyepelekannya
  14. Tidak menunjukan loyalitas kepada perusahaan
  15. Tidak menguasai informasi mengenai produk perusahaan yang dampaknya kesulitan meyakinkan pelanggan
  16. Tidak menghormati atasan dan sesama karyawan
  17. Maunya gajian tepat waktu tapi tidak mau instrospeksi mengenai kinerjanya
  18. Sulit bekerjasama secara tim, seringkali tidak terbuka untuk saran dan cenderung mengkritik pendapat orang lain (bukannya membangun)
  19. Tidak peduli bagaimana mengurus diri sendiri
  20. Menghindari tugas ( Its not my job )
  21. Tidak sabaran untuk pulang, biasanya ditandai dengan sering menengok jam ketika sore hari
  22. Banyak bergosip atau membicarakan orang lain, bukannya tentang pekerjaan
  23. Berani berbohong meskipun untuk hal-hal sepele sekalipun
  24. Tidak senang bila melihat karyawan lain berhasil. Karyawan seperti ini berupaya menjatuhkan rekannya, bukannya ingin berprestasi tapi tidak ingin tersaingi
  25. Terobsesi hanya dengan gaji tinggi (orientasi kemajuan perusahaan dikesampingkan), artinya ia selalu ingin dibayar tinggi tetapi tidak pernah melihat kedalam mengenai kualitas yang dimilikinya serta kontribusinya


TATA TERTIB PERUSAHAAN BAKERY

Penulis : Chef Herisuyono

foto/gambar ilustrasi

  • Tidak menggunakan perhiasan dan atau asesoris secara berlebihan
  • Tidak merokok / memegang rokok pada waktu atau saat bekerja ( memegang bahan / produk makanan belum jadi sampai bahan / produk makanan jadi )
  • Dilarang Keras berkelahi diruang ataupun dilingkungan kerja
  • Tidak berteriak–teriak atau bercanda yang berlebihan disertai ataupun tidak dalam keadaan mabuk minuman keras sehingga mengganggu rekan kerja / customer
  • Harus menjaga produk makanan yang ada agar tetap bersih dan layak dikirim, dijual / menarik
  • Tidak berada ditempat kerja saat hari kerjanya off / libur atau diluar jam kerja tanpa seijin atasan
  • Tidak boleh memperlihatkan barang atau gambar porno saat bekerja / dilingkungan tempat bekerja
  • Tidak mengotori atau bahkan membiarkan kotor ruangan dan lingkungan / area kerjanya
  • Selain karyawan tidak boleh berada ditempat kerja tanpa persetujuan atasan
  • Terlambat Tidak lebih dari 5 (lima) kali dalam satu bulan secara berturut – turut
  • Dilarang melakukan bolos kerja / alpha / tidak hadir tanpa keterangan sama sekali ( Max 4 Hari )
  • Dilarang tanda kehadiran ( yang pakai kartu absensi ) diabsenkan teman atau mengabsenkan teman
  • Tidak boleh meninggalkan tempat / jam kerjanya tanpa seijin atasan
  • Tidak boleh menggunakan waktu kerja tidak sesuai dengan tanggung jawabnya dan pekerjaannya
  • Dilarang menggunakan barang / fasilitas milik perusahaan untuk keperluan pribadi tanpa ijin atasan 
  • Tidak boleh membuat data yang tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya ( tak sesuai fakta / real )
  • Dilarang melakukan pencurian terhadap barang milik rekan kerja, perusahaan & customer / tamu
  • Dilarang melakukan manipulasi, penipuan atau penggelapan barang milik perusahaan / rekan kerja
  • Harus menjadi teladan terhadap rekan kerja dan bawahannya
  • Bekerja sama yang baik dengan bawahan, rekan terutama atasannya
  • Segera laporkan barang hilang yang telah ditemukan kembali baik milik rekan, Perusahaan atau milik customer / tamu
  • Menyampaikan informasi / laporan-laporan dengan cepat kepada atasannya apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya
  • Membuat Laporan pekerjaan dengan benar, tepat waktu dan sesuai dengan standart / procedurnya
  • Menjaga dan membina hubungan baik dengan group perusahaan beserta karyawan / staff nya.



Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda